Jumat, 17 April 2015

Tips Agar Dicintai Anak Murid Bagi Pengajar / Guru Muda

Bila anda adalah seorang pengajar muda, tentu banyak mengalami kesulitan saat mengajar siswa. Terkadang kita sering hilang kesabaran saat mengajar mereka. Untuk pengajar di SD kendala yang sering dihadapi adalah suasana kelas yang bising dan anak anak yang sering berkejar kejaran. Untuk pengajar smp kendala yang sering dihadapi adalah selain kelas yang bising, anak murid pun sering keluar pada saat pelajaran. Di kalangan SMA tidak jauh berbeda dengan SMP, namun siswa SMA sangatlah kritis.
Kali ini, saya akan membagi tips agar kita sebagai pengajar muda di cintai anak murid. Check this out !
  1. Untuk Kalangan SD
Bila kita siswa sd, kita harus memiliki ekstra kesabaran. Selain siswa aktif, mereka pun terkadang suka menanyakan hal yang luar biasa yang terkadang sulit untuk dijawab orang dewasa, karena tingkat imajinasi mereka yang masih tinggi. Untuk dicintai anak murid, kita sebagai guru harus bisa memasuki dunia mereka. Menjadi pendengar yang baik bagi mereka dan tidak menunjukan emosi kita pada mereka. Ajaklah mereka berdiskusi tentang banyak hal yang sesuai dengan umur mereka. Buatlah semacam permainan agar mereka tidak bosan belajar.
  1. Untuk kalangan SMP
Siswa yang duduk di bangku SMP dimulai dari umur 13-15 tahun. Siswa SMP adalah anak yang beranjak dewasa atau Remaja. Untuk bisa dicintai anak murid, mulailah berbagi informasi seputar masa remaja dengan mereka. Dengarkan segala keluhan mereka dan tetap menjadi pendengar yang baik. Karena siswa SMP adalah proses menuju dewasa, dimana mereka sudah mulai tertarik dengan lawan jenisnya. Terkadang mereka suka “curhat” tentang kehidupan mereka, dan kita harus bersikap sebagai teman seumuran tanpa mengurangi rasa hormat mereka terhdap kita.
  1. Untuk kalangan SMA
Siswa SMA adalah anak yang sudah mulai dewasa. Berfikir kritis dan terkadang suka menggebu-gebu. Masuki dunia mereka dengan baik dan jadilah pendengar yang baik. Berilah mereka suatu tantangan positif yang memacu kreativitas mereka dengan cara-cara yang fun dan sesuai dengan umur mereka. Apabila ada yang berhasil melewati tantangan yang kita berikan, berilah mereka hadiah atas kerja kerasnya.

Dari tips diatas, bisa disimpulkan bahwa kita harus menjadi pengajar/guru yang bisa mendengar keluhan dari para siswa. Kesabaran adalah kunci keberhasilan pengajaran kita. Dengan kita dicintai anak murid, pasti anak murid akan menyukai pelajaran yang kita berikan dan cepat menagkap informasi yang kita berikan kepada mereka. Karena melihat keberhasilan mereka adalah kepuasan bagi kita sebagai Guru/Pengajar .

Artikel oleh Hanifah Khanza

sumber:http://sharingdisini.com/2015/04/16/tips-agar-dicintai-anak-murid-bagi-pengajar-guru-muda/

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com resepkuekeringku.com desainrumahnya.com yayasanbabysitterku.com