Pengertian dan Mengenal Fungsi Microsoft Excel 2007
Memulai menggunakan Word 2007
1). Klik menu START pada taskbar
2). Klik All Programs → Microsoft Office → Microsoft Office Excel 2007
Mengenal Bagian Dokumen / Interface
- Office Button terdiri atas perintah New Document, Open, Convert, Save, Save as, Print, Prepare, Send, Publish dan Close.
- Quick Access Toolbar, terdiri dari tombol yang dapat mempercepat kerja anda. Isinya hampir sama dengan perintah-perintah di Office Button. Jika anda ingin melihatnya langsung bisa menekan tanda panah.
- Menu Bar, terdiri dari perintah menu utama Microsoft Excel 2007 yaitu Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View.
- Title Bar, berisi nama file dan program aplikasi yang sedang aktif.
- Tool Bar, tombol-tombol bergambar yang memiliki fungsi tertentu dan digunakan untuk menjalankan suatu perintah dengan cepat dan mudah.
- Tombol Ukuran, digunakan untuk mengatur ukuran jendela kerja.
- Name Box, Nama sel yang sedang aktif akan ditampilkan pada Name Box.
- Formula Bar, anda bisa mengedit data pada sebuah sel.
- Sel Aktif, tempat menuliskan atau mengedit data dan dikelilingi oleh garis batas yang lebih tebal.
- Column, Setiap kolom memiliki nama berdasarkan Abjad, dari kolom A hingga Z, dilanjut AA hingga XFD.
- Baris, untuk setiap baris memiliki nama berdasarkan Angka. Dari 1 hingga 1048576.
- Tab Worksheet, perintah dimana anda bisa berpindah ke kertas kerja lain dengan mudah.
- Insert Worksheet, dengan menekan Insert Worksheet anda bisa membuat Worksheet baru yang letaknya berurutan dengan Worksheet sebelumnya.
- Status Bar, Status lembar kerja anda.
- Document Area, merupakan lembar kerja yang aktif.
- Horizontal Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke kiri atau ke kanan.
- Vertical Scroll Bar, perintah untuk menggeser layar ke atas atau ke bawah.
- Tampilan Layar, terdiri dari perintah untuk merubah tampilan layar. Terdiri dari Tampilan Normal, Tampilan Page Layout dan Tampilan Page Break Preview.
- Zoom, perintah untuk memperbesar & memperkecil tampilan pada lembar kerja anda.
Mengenal Elemen Jendela Word
Berisi sederetan menu yang dapat digunakan, dimana setiap menu mempunyai sub menu masing-masing sesuai dengan fungsi dari menu induknya. Misalnya Edit, akan mempunyai sub menu yang berhubungan dengan edit data, begitu juga dengan menu yang lainnya. Standarnya menu bar terdiri dari : Home – Insert – Page Layout – Formulas – Data - Review – View.
- Clipboard
- Paste : Menempelkan hasil perintah cut/copy yang ada di clipboard
- Cut : Memindahkan bagian yang ditandai ke clipboard
- Copy : Menyalin ke clipboard
- Format Painter : Melakukan copy format
- Font
- Font Selection : Mengganti jenis huruf
- Font Size : Mengatur ukuran huruf
- Increase/Decrease Font : Menaikkan dan menurunkan ukuran font satu tingkat
- Bold, Italic, Underline : Menebalkan, memiringkan, menggarisbawahi teks
- Border : Membuat garis bingkai sel
- Fill : Mewarnai sel
- Color : Mewarnai huruf
- Alignment
- Vertical Alignment : Mengatur posisi teks secara vertikal pada sel. Atas, tengan, dan bawah
- Perataan teks : Mengatur perataan teks, kiri, tengah, dan kanan
- Indent : Menambah dan mengurangi inden teks
- Teks Orientation : Mengubah kemiringan teks
- Merge Cell : Menggabungkan sel
- Page Break : Mengatur pemisah halaman
- Number
- Format Cell : Pengaturan jenis penulisan angka
- Currency : Format angka untuk mata uang
- Persen : Format angka persen
- Comma : Mengubah nilai koma ribuan
- Increase/Decrease Decimal : Menambah dan mengurangi nilai desimal
- Style
- Conditional Formatting : Melakukan format terkondisi
- Format as Table : Membuat format tabel cepat
- Cell Styles : Membuat format sel secara cepat
- Cells
- Insert : Memasukkan sel baru
- Delete : Menghapus sel
- Format : Melakukan format sel
- Editing
- Sum : Melakukan penghitungan
- Fill : Membuat pola angka secara kontinu
- Clear : Menghapus semuanya dari sel, nilai, hingga format
- Sort & Filter : Mengatur data agar mudah dianalisis
- Find & Select : Mencari dan menyeleksi teks dalam lembar kerja
- Tables
- Pivot Table : Memasukkan tabel pivot
- Table : Memasukkan tabe
- Ilustrations
- Picture : Menambahkan gambar pada worksheet
- Clip Art : Menambahkan gambar clipart pada worksheet
- Shapes : Menambahkan gambar bentuk tertentu
- Smart Art : Memasukkan objek smartart
- Chart
- Coloumn : Memasukkan grafik kolom
- Line : Memasukkan grafik garis
- Pie : Memasukkan grafik pie
- Bar : Memasukkan grafik batang
- Scatter : Memasukkan grafik distribus
- Other Chart : Memasukkan grafik lainnya
- Link
- Hyperlink : Memasukkan hyperlink pada worksheet
- Text
- Textbox : Memasukkan kotak teks
- Header & Footer : Memasukkan header dan footer
- WordArt : Memasukkan teks dekoratif
- Signature Line : Memasukkan garis tanda tangan
- Object : Memasukkan objek
- Symbol : Memasukkan simbol
1.3. Page Layout
- Themes
- Theme : Mengubah tema tampilan excel
- Color : Mengubah warna tema
- Font : Mengubah jenis font tema
- Effect : Mengubah efek tema
- Page Setup
- Margin : Mengubah margin halaman
- Orientation : Mengubah orientasi halaman
- Size : Mengubah ukuran kertas
- Print Area : Menentukan area tertentu untuk proses cetak
- Breaks : Menentukan pemisah halaman
- Background : Menentukan gambar untuk latar
- Print Title : Menentukan baris atau kolom yang dicetak pada setiap halaman
- Scale to Fit
- Width : Menentukan lebar hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
- Height : Menentukan tinggi hasil cetak agar sesuai banyaknya kertas
- Scale : Memperbesar atau memperkecil hasil cetak sesuai persentase Ukuran
- Sheet Option
- Gridlines : Mengatur tampilan garis grid di layar dan di hasil cetakan
- Heading : Mengatur tampilan header di layar dan di hasil cetakan
- Arrange
- Bring to Front : Objek ke depan
- Send to Back : Objek ke belakang
- Selection Pane : Memperlihatkan panel seleksi objek
- Align : Meluruskan objek
- Group : Mengelompokkan objek
- Rotate : Melakukan rotasi objek
1.4. Formulas
- Function Library
- Insert Function : Memasukkan fungsi formula
- Autosum : Melakukan penghitungan cepat
- Recently Used : Memasukkan fungsi yang pernah digunakan
- Financial : Memasukkan fungsi keuangan
- Logical : Memasukkan fungsi logik
- Text : Memasukkan fungsi teks
- Date & Time : Memasukkan fungsi waktu
- Lookup & Reference : Memasukkan fungsi lookup dan referensi
- More Function : Memasukkan fungsi lainnya
- Defined Name
- Name Manager : Membuat, mengubah, dan mencari nama yang digunakan dalam workbook
- Define Name : Memberikan nama bagi sel
- Use in Formula : Memilih nama yang digunakan pada workbook dan menggunakannya pada formula
- Create From Selection : Membuat nama sel secara otomatis
- Formula Auditing
- Trace Precedent : Memperlihatkan panah pada sel lain yang memengaruhi nilaisel ini
- Trace Dependent : Memperlihatkan panah pada sel lain yang dipengaruhi nilaisel ini
- Remove Arrows : Menghilangkan panas yang dibuat oleh tracer
- Show Formulas : Memperlihatkan formula setiap sel
- Error Checking : Memeriksa formula yang salah
- Evaluate Formula : Memperlihatkan kotak dialog evaluasi formula
- Watch Window : Mengawasi nilai beberapa sel saat dilakukan perubahan pada lembar kerja
- Calculation
- Calculation : Menentukan kapan kalkulasi dilakukan
- Calculate Now : Melakukan kalkuasi semua workbook sekarang
- Calculate Sheet : Melakukan kalkulasi sheet sekarang
1.5. Data
- Get External Data
- From Access : Memasukkan data dari MS Access
- From Web : Memasukkan data dari web
- From Text : Memasukkan data dari teks
- From Other Sources : Memasukkan data dari sumber lain
- Existing Connection : Memasukkan data dari sumber yang pernah digunakan
- Connections
- Refresh All : Menyegarkan kembali data yang diambil dari sumber
- Connection : Memperlihatkan semua koneksi data pada workbook
- Properties : Melakukan spesifikasi koneksi data pada workbook
- Edit Link : Mengatur koneksi data dari file lain
- Sort & Filter
- Sort A to Z : Mengurutkan data dari yang terkecil ke terbesar
- Sort Z to A : Mengurutkan data dari yang terbesar ke terkecil
- Sort : Memunculkan kotak dialog pengurutan
- Filter : Melakukan penyaringan terhadap sel
- Clear : Menghapus penyaringan pada sel
- Reapply : Melakukan kembali penyaringan
- Advanced : Melakukan penyaringan spesifik
- Data Tools
- Text to Coloumn : Memisahkan isi sel menjadi beberapa kolom
- Remove Duplicates : Menghilangkan baris terduplikasi
- Data Validation : Mencegah data yang tidak valid masuk ke sel
- Consolidation : Menyatukan nilai beberapa range ke dalam satu range
- What-If Analysis : Mencoba beberapa nilai pada formula
- Outline
- Group : Mengelompokkan baris sel sehingga mereka dapat memendekdan memanjang
- Ungroup : Memisahkan sel yang mengelompok
- Subtotal : Menghitung total beberapa baris data yang berhubungan
1.6. Review
- Proofing
- Spelling : Memeriksa ejaan teks
- Research : Membuka panel penelitian referensi
- Thesaurus : Saran kata yang sepadan
- Translate : Menerjemahkan kata ke bahasa lain
- Comments
- Comment : Memasukkan komentar baru
- Delete : Menghapus komentar
- Previous : Memperlihatkan komentar sebelumnya
- Next : Memperlihatkan komentar selanjutnya
- Show/Hide Comment : Memperlihatkan atau menyembunyikan komentar
- Show All Comments : Perlihatkan semua komentar
- Show Ink : Memperlihatkan keterangan tinta pada lembar kerja
- Changes
- Protect Sheet : Melindungi lembar kerja
- Protect Workbook : Melindungi buku kerja
- Share Workbook : Berbagi buku kerja
- Protect and Share Workbook : Melindungi dan berbagi buku kerja
- Allow Users to Edit Ranges : Memperbolehkan pengguna mengubah data
- Track Changes : Menelusuri perubahan yang terjadi pada dokumen
1.7. View
- Workbook Views
- Normal : Melihat dokumen secara normal
- Page Layout : Melihat dokumen sesuai hasil cetak
- Page Break Preview : Melihat tampilan dokumen beserta pemotongan setiaphalaman
- Custom Views : Menyimpan seting tampilan dan hasil cetak
- Full Screen : Melihat dokumen dalam mode layar penuh
- Show/Hide
- Ruler, Gridlines, Message Bar, Formula Bar, Heading : Memperlihatkan penggaris, garis kisi, batang pesan,batang formula, dan heading
- Zoom
- Zoom : Memperbesar tampilan100% : Besar tampilan 100%
- Zoom to Selection : Memperbesar tampilan sesuai bidang seleksi
- Window
- New Window : Membuka jendela baru yang memperlihatkan dokumen Tersebut
- Arrange All : Mengatur semua jendela program sejajar berdampingan
- Freeze Pane : Membuat sebagian lembar kerja terlihat dan lainnyaMenggulung
- Split : Membagi jendela menjadi beberapa penel yang memperlihatkanlembar kerja Anda
- Hide : Menyembunyikan jendela terseleksi
- Unhide : Memunculkan jendela tersembunyi
- View Side by Side : Memperlihatkan jendela berdampingan
- Synchronous Scrolling : Membuat dua jendela menggulung bersamaan
- Reset Window Position : Menset ulang posisi jendela berdampingan
- Save Wokspace : Menyimpan pengaturan tampilan jendela sehingga dapat dibuka kembali dengan tampilan yang sama
- Switch Windows : Berganti jendela yang aktif
- Macros
- View Macros : Memperlihatkan macro dokumen
sumber : http://levatra.blogspot.com/2014/11/pengertian-dan-mengenal-fungsi_25.html
0 komentar:
Posting Komentar